Senin, 23 Juli 2018

KULIAH.

Halooooww.....

Ini adalah saat-saat senggang dimana setelah sekian lama, gue buka laptop dan ngebuka situs blog ini buat nulis sesuatu. Karena kemaren-kemaren gue bener-bener lagi sibuk bolak balik kampus pusat buat ngurus TA gue biar cepet kelar gitu, jadi paling buka laptop cuma buat ngedit TA yang masih aja salah dan ada aja salahnya walaupun sepele tapi bikin gue greget (sok perfeksionis amat yak wkwk).

Oke, seperti judul diatas dan pembukaan diatas juga, gue di judul ini mau bahas semua tentang kuliah. dari awal masuk kuliah sampe akhirnya sekarang gue udah nyelesain kuliah gue dengan gelar: Gita Maharani, A.md.,AB. gue sebenernya masih bingung, fungsi gelar itu buat apaan yak?


Dari awal sebelum kuliah, emang saat-saat dimana gue bingung banget mau lanjutin hidup gue kemana haha. Waktu itu gak kepikiran mau kewong kaya orang-orang (dan sepertinya nyokap bukan tipe nikahin anak diumur muda ya?), jadi ya gaada pilihan lain selain kuliah. Waktu itu juga gue merasa sangat masih polos dan buta akan pekerjaan. Jadi sama sekali gatau dunia kerja itu kaya gimana, karena yang gue tau saat itu kewajiban gue ya sekolah, padahal sekolah juga ga bener-bener amat wkwk.

nah, setelah gue tau tujuan utama gue kuliah, hal yang membingungkan lainnya adalah, "gue mau kuliah dimana dan jurusan apa?", soalnya pas gue masih SMA dikelas 3, temen-temen gue tuh udah pada siap lahir batin gitu mau kuliah dimana, jurusan apa. Hidup mereka kok kayanya penuh rencana gitu. sebelum menjelang UN udah belajar mati-matian dan cari banyak info tentang kuliah negeri yang dianggap keren & jurusan yang mantep. Sementara gue, masih ngambang gajelas dengan pikiran gue sendiri. Gue gatau saat itu mau jadi apa, mau kuliah dimana, jurusan apa. Bahkan gue gak peduli jurusan mana yang lagi banyak incaran orang-orang, yang jelas saat itu gue ngeliatnya semua kampus negeri jadi bulan-bulanan massal buat orang-orang bahas dikelas.
setelah lulus UN, gue merasa kecewa dengan diri gue. Bukannya makin mantap buat lanjutin kuliah, gue malah bingung mau kuliah dimana karena gue nyadar, gaada kampus negeri yang mau nerima gue dengan nilai seemprit gitu. Pasti sebelum daftar, gue udah keburu ditendang sama pihak kampus karena ga pantes menduduki bangku kuliah di kampus elit nan kece wkwk.
disaat itu juga, jadi titik balik gue. gue inget banget hari itu gue kerjaannya cuma merenung doang, diri gue ini mau dibawa kemana? masa gue bisa separah ini ya, ga paham sama diri sendiri. Gue gatau diri gue bakatnya apa, senengnya apa, sampe-sampe gue terjebak di jurusan IPA kaya SMA kemaren. Gue mikir aja gitu, gue baru nyadar kalo selama belajar IPA, hati gue gak plong. Rasanya pengen gue maki-maki terus si Kimia itu. Apalagi waktu belajar bakteri, yaampun, Bakteri aja dipikirin apalagi kamu ea...

Gue merasa, gue udah terjebak dengan diri gue sendiri. Sekarang, gue udah pengen kuliah, gue harus tau apa yang diri gue mau. Jangan sampe pilihan kuliah gue pun gue merasa ga nyaman dan ga enjoy belajar waktu SMA. Gue harus memahami diri gue lebih dalam sebelum gue menentukan kemana gue harus kuliah. Selama itu juga, gue banyak dapet saran dari orang-orang, entah nyokap, keluarga, sampe tetangga semuanyaaa ngasih pilihan macem-macem. Nyokap nyaranin jadi guru, entah apa yang ada dipikiran mama, kok bisa-bisanya nyaranin anak yang .... anak kecil aja takut sama gue, gimana gue jadi guru? bisa-bisa semua anak gue omelin kalo ga bisa diem *padahal gue juga gabisa diem wkwk. gue cuma merasa, jadi guru itu bukan passion gue. Iyalah, gue sekolah aja ga bener, ngitung MTK aja ga becus, belajar aja males, masa jadi guru? anak murid gue mau diajarin apa entar? hahahaha. Gue merasa, jadi guru itu beban. Beban materi, mental, dan kesabaran. Gue udah membayangkan kalo gue jadi guru, gue bakal ribet ngurusin soal-soal ujian, gue pasti tiap hari kerjaannya cuma ngerjain soal biar tau lebih duluan jawabannya ketimbang anak murid gue, atau tiap akhir semester gue ngitungin nilai rapot anak-anak. yaampun, syedih. Akhirnya dengan segala pemikiran aneh dan gak yakin itu, gue menolak mentah-mentah bujukan mama buat jadi guru.

 Lalu tiap gue ketemu tetangga, ketemu temen-temen nyokap, ketemu sodara, gue selalu ditanya "kamu mau kuliah dimana? ngambil (jurusan) apa?" dan gue cuma diem gak berkutik, garuk-garuk kepala dan mengedikkan bahu "Belum tau nih, hehe". Dan mereka dengan sejuta kebaikannya mencoba menyarankan gue buat jadi suster dengan alasan biar kerjaan mama ada yang ngelanjutin. Secara nyokap gue itu dari awal sekolah emang seneng sama dunia suster-susteran. Sampe akhirnya nyokap gue sekolah akademi keperawatan dan bekerja di rumah sakit sumber waras selama puluhan tahun. Sekolah disitu, kerja juga disitu. Sungguh mulia hidup mama, bener-bener berhasil mendedikasikan hidup dia di dunia per-rumah sakitan. Dari kecil, udah jelas tujuan karirnya mau dibawa kemana, udah tau apa yang dia senengi & pengen gue tekunin. Gak kaya gue, udah dodol, malah masuk IPA, terus nilainya anjlok mulu, dan sekarang bingung mau kuliah dimana. Hmmm. Sampe akhirnya gue merenungkan lagi omongan orang-orang. Apa iya gue harus kuliah jurusan keperawatan juga? Gue ragu, karena gue merasa gue adalah tipe orang yang gak tegaan, panikan, dan terlalu kasihan sama orang. Gue paling gak bisa, ngedenger orang ngejerit kesakitan, terus badannya penuh darah, dan gue akan takut megang sejengkal badan mereka karena takut makin sakit. Belum lagi gue takut banget sama dokter. Disuntik aja gue kabur, gimana gue mau nyuntik orang? yang ada ntar tiap gue abis ngerawat pasien, gue bakal nangis karena ga tega denger mereka ngerintih kesakitan karena abis gw suntik. Untungnya nyokap gue akhirnya menyadari, kalo kayaknya gue gak pantes jadi suster HAHAHAHA. Dengan alasan, gue gak bisa sabar dan pelupa. Nanti takutnya gue malah lupa obat atau lupa penyakit apa yang diderita pasien. Sebenernya penyakit lupa gue gak segitunya amat, sih. Nyokap emang rada sensi kalo udah ngomongin masalah lupa & teledor gue yang ga ilang-ilang hahaha. Dari hasil renungan itu juga, gue merasa, gue gak pantes jadi suster.

Akhirnya, gue berpikir, kayaknya gue seneng sama dunia sekretaris-sekretarisan, ngebayangin kerja didepan komputer, gue pake kemeja rapih, pake sepatu fantopel dengan hak runcing, terus ngetik-ngetik surat dan ngasih laporan ke boss, hal yang menyenangkan. Karena gue emang seneng ngetik, seneng nulis, dan merangkai kata-kata wkwkwkwk. Akhirnya keputusan yang gue ambil adalah, gue kuliah dibagian Administrasi Perkantoran di LP3I.
 Dengan hasil keputusan sendiri, gue jadi sangat antusias biar cepet-cepet kuliah dengan niat memperbaiki cara belajar gue biar gak kaya jaman SMA dulu.

Setelah masuk kuliah, gue merasa dihadapkan dengan masalah baru. Niat besar gue yang pengen nyobain jadi orang pinter kayaknya bakal sirna. Karena ternyata banyak banget temen-temen gue yang berasal dari background perkantoran. Mereka pasti udah siap banget buat kuliah, lebih siap lagi daripada gue karena mereka udah paham 95% materi pelajaran yang bakal didapetin. Sementara gue, kantor aja gue gak ngerti maknanya apa. Yang gue tau pekerjaan di kantoran yang dreaming gw banget ya sekretaris. Gue gak tau apa itu HRD, gimana cara ngelamar kerja, apalagi tentang ekspor-impor. Semua bakal dibahas dikuliah gue.

Jadi.... gue masuk kuliah perkantoran bener-bener dengan otak kosong.

"Siang kuliah, semua omongan dosen gue catet. Malemnya, buka lagi catatan, robek catatan, dan bikin catatan ulang"
 mungkin itu yang gue lakuin tiap hari. Gue bener-bener maksimalin belajar gue dengan sekuat tenaga. Kalo ada PR, hari itu juga gue kerjain. Gak pake nunda-nunda. Sebelum ujian, gue selalu belajar dulu 2 hari sebelum jadwal. Jadi pas ujian gue bener-bener siap, karena gue paham dengan materinya, bukan menghafal materi. Gue gak tau apa yang temen-temen gue persiapin pas kuliah mereka, yang jelas gue gak boleh lengah dan males sedetikpun. Ketika gue males, gue buru-buru motivasiin diri gue biar gue jadi semangat lagi belajarnya. Apapun gue lakukan karena niat kuat gue buat belajar udah jadi nomor satu dan gabisa diganggu gugat.

Sayangnya, masa-masa kuliah yang lagi berapi-api buat belajar, gue malah digoda setan berupa wujud pacar. Ya, alhasil fokus gue jadi kepecah gara-gara pacaran sama anak kelas yang gak rajin-rajin amat kaya gue. Kerjaan gue waktu itu jadi alarm dia doang buat nyemangatin biar setiap tugas dikerjain, ujung-ujungnya gue kesel sendiri karena nih orang kaya gapunya semangat hidup. Dan ujung-ujungnya lagi gue jadi gak peduli-peduli amat sama belajar. Malas itu ternyata menular ya? hiks. . . .

Yang gue perhatiin, makin ningkat ke semester, nilai gue semakin turun dari satu point ke sekian point. Makin berat buat gue balikin fokus apalagi waktu gue ngalamin patah hati. Bener-bener moment belajar jadi ga penting lagi dan ga menarik lagi. Entah kenapa waktu itu gue jadi orang yang aneh banget. Motivasiin hati aja gabisa, apalagi bikin semangat baru.
Setelah move-on, gue baru mulai ngumpulin nyawa semangat gue biar bisa belajar bener lagi. Akhirnya, gue kembali fokus buat kuliah & ngerjain tugas-tugas tepat waktu.

Di pertengahan kuliah, tepatnya mau ke akhir kuliah, gue merasa hidup gue mulai hancur. Semangat belajar yang berkobar-kobar langsung patah semangat, seperti kayu yang dibakar habis sama api, gak mungkin bisa balik jadi kayu lagi. Hari-hari gue saat itu jadi sedih banget. Gue sebenernya udah tau kalo nyokap udah lama pensiun kerja. Sementara kita cuma hidup berdua, dan disitu kondisinya gue sama sekali gak kerja. Makan kita berdua, bergantung sama warung yang kita bangun didepan rumah. Nyokap sampe coba usaha warung sembako sampe warung mpek-mpek plus pop ice & tea jus. Itupun, gak menghasilkan uang yang banyak. Pernah gue ngeliat dompet nyokap bener-bener gaada uang sama sekali. Nyokap udah stress dan gue cuma bisa nangis ngadu ke khayalan gue terhadap bokap. Ngadu ke Allah. Ngadu ke bantal yang basah karena air mata gue. Cita-cita buat nyelesain kuliah kayaknya ilang gitu aja. Gue jadi ragu apakah gue bisa lanjut atau engga. Disatu sisi, gue sudah sangat enjoy belajar dibidang yang gue ingin tekuni, tapi disisi lain gue merasa ekonomi terlalu menghambat gue buat jadi fokus. Gue sampe ngadu ke dosen gue yang sering gue temui untuk sekedar ngobrol atau sharing, namanya Pak Edi. Gue inget malem itu gue udah gak tau harus cerita ke siapa. Karena gue anak satu-satunya, gue gak punya kakak/adik, gue gaada bokap, dan gue sangat gak merasa nyaman kalo cerita ini ke saudara yang lain, apalagi sahabat/temen yang belum  tentu paham dengan kesedihan yang gue alamin. Kalo gak salah, begini isi chatnya.

"Pak, Gita bingung mau gimana. Gita gak tau bisa lanjut kuliah atau engga. Keadaan ekonomi gita lagi begini."

lalu dosen gue bales, "Gita harus sabar. Gita tau kan kalau orang mau naik kelas itu harus ngelewatin ujian. Nah sekarang Gita lagi ngelewatin ujian ini biar Gita naik kelas."

hati gue jadi tenang banget. Gue merasa kata-kata itu bisa jadi suntikan semangat buat gue buat nyemangatin diri sendiri. Karena gue tau, mungkin mama gue gak kuat ngelaluinnya, tapi gue harus kuat. Karena yang berperan besar disini gue. Kalo gue lemah dikit, gue bisa nyerah, dan memilih buat gak ngelanjutin kuliah cuma karena gaada biaya.
Hari-hari gue disitu berubah jadi kuli. Gue nganter gas, nganter galon buat tetangga yang mau beli. Gue merasa gak malu dengan apa yang gue jalanin, karena gue merasa, gue pun butuh duit buat makan apalagi buat kuliah. Kalo gue ngeluh capek dikit, mendingan gue gak usah makan seharian. Selama beberapa bulan, pendapatan kita cuma dari jualan dengan bantuan tenaga gue. Untung yang kita dapet gak seberapa pun masih harus diirit-irit buat makan seminggu. Gue pun masih tetep ngejalanin kuliah dan pake topeng bahagia & anti sedih didepan temen-temen. Kita sampe minjem sana-sini buat ngelunasin biaya kuliah yang masih kurang. Gue dikejar-kejar keuangan, sementara gue juga harus menjaga muka mood gue didepan nyokap biar nyokap gak makin sedih & kepikiran buat secepatnya ngelunasin biaya kuliah.

satu persatu tantangan kuliah selesai. Mulai dari PKL ke Manggala (Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan) dimana gue dapet tugas ke kantor bogor juga sama temen-temen. Dengan minim budget gue pergi magang sama temen bolak balik Bogor-Jakarta. Nyampe Ciledug, gue langsung kuliah karena waktu itu kita kuliah jadwal malem. Kadang sampe rumah, gue masih harus beliin gas buat stock dirumah atau nganter galon buat orang-orang yang udah pesen. Ya begitulah kira-kira. Jangan dikira gue bisa kuliah bener karena hidup enak. Hidup gue sungguh pahit & butuh perjuangan buat ngerasain manis.

Sampai akhirnya gue bikin Tugas Akhir dimana gue harus bolak balik kementerian sendirian. Observasi dan ngumpulin data disana. Dan berusaha se-MOOD mungkin buat ngerjain TA biar cepet kelar dan bisa lebih lega.

Masa-masa deg-degan sebelum sidang gue rasain banget pas gue ngeliat jadwal gue di halaman SmartStudent LP3I. Nama gue udah bersanding dengan tanggal sidang yaitu Minggu, 1 Juli 2018. Hari-hari gue jadi dipenuhi dengan perasaan sakit perut, kepikiran, makin hari makin deg-degan, mana saat itu gue gak simulasi ke DosPem gue karena males hahahaha. Jadi, kerjaan gue cuma latihan bacot dirumah sambil ngeliat layar laptop yang isinya presentasi gue + lembaran kertas TA yang gue baca berkali-kali biar paham. Pas hari H sidang, gue merasa pasrah. Gue inget gue selalu bilang "Gue berasa jadi kambing yang mau disembelih. Perasaannya sama kaya gitu." Deg-degan & gabisa tenang. Seinget gue, gue dapet urutan ke-4 dan penguji gue ternyata adalah dosen kampus gue dan pernah ngajar gue juga hahaha. Disitulah gue merasa sok PeDe dengan diri gue sendiri. Sok yakin dan sok tenang gitu wkwkwk.
Tapi pas urutan ke-1, 2, dan 3 maju. Gue makin gak tenang. Gue pengen kentut, beol, sakit perut, gabisa diem. Dikasih snack dari kampus juga gak nafsu makan. Gue cuma minum doang biar tenggorokan gue adem dikit.

Pas nama gue dipanggil, gue masuk kedalem ruangan, disitu nyawa gue kaya ilang setengah. Lemes, tapi kaki terus jalan ke arah tempat gue presentasi. Ruangan yang cuma diisi sama 4 orang (Gue, Dosen penguji Ahli, Ketua Penguji dan Sekretaris Sidang) bikin gue makin lemes. Tapi otak gue juga gak kalah PeDe-nya. Sebagai seorang Pisces yang suka berkhayal, saat itu gue membayangkan gue lagi presentasi hasil kerjaan didepan boss. Gue selalu membayangkan itu, betapa kerennya gue presentasi sendirian didepan, ngejelasin hasil kerjaan gue yang gue yakin bener. Gue mulai ngeluarin suara gue yang agak tersedak-sedak, entah karena apa, padahal gue udah minum terus, tapi pas ngomong didepan kok berasa aus? hahahaha

Agak sedih karena pas presentasi gue gak terlalu diperhatikan sama dosen penguji. Padahal, gue adalah orang yang merasa dihormati & dihargai ketika gue dan lawan bicara gue bisa saling kontak mata. Gatau kenapa, kontak mata bikin gue ngerasa lebih didengerin ketika ngomong aja daripada pas gue ngomong, mata mereka melengas-melengos entah kemana. Tapi lagi-lagi khayalan gue bikin gue pede aja karena gue ngebayangin dibelakang mereka itu ada audience yang banyak kaya di bioskop terus ngeliatin dan lagi terkagum-kagum dengan presentasi gue. Ah, dasar Pisces! Kebanyakan ngayal hahahaha

selesai presentasi, gue dikomentarin semua hasil penelitian gue. Mulai dari tulisan, pembahasan, sampe acuan yang gue ambil. Alhamdulillah gue paham semua dan gue cuma ada koreksi dikit di penulisan aja. Selesai sidang gue berasa lebih Pede lagi dan yakin pasti lulus sih hahahaha. Jadi gue gak terlalu degdegan amat pas pengumuman kelulusan dibacain.

Gue seneng. Seneng banget gue bisa menyelesaikan kuliah gue dengan baik. Nilai-nilai yang gue dapet dari awal kuliah bener-bener hasil jeripayah sendiri. Gue bener-bener kerja keras buat kuliah, mulai dari fisik sampe pikiran pun gue pake. Akhirnya setelah lulus, yang gue rasakan jadi perasaan bersyukur bisa ngerasain kuliah 3 tahun dengan nilai kelulusan yang lumayan bagus. Gue sangat terima kasih sama Allah yang udah ngasih kesempatan ini. Mungkin kalo pertengahan kuliah hidup gue gaada roller-coasternya, kelulusan ini kayaknya bakal berasa biasa aja. Tapi kali ini gue merasa special banget karena dengan cerita seneng sedih dan perjuangannya, gue merasa jauh lebih dewasa dan bisa lebih mikir secara matang :)

Ya begitulah cerita gue tentang kuliah. Segmen ini belom sampe wisuda. Nanti bakal gue bahas di episode 2 ya kalo gw dah wisuda wkwkwkwk. bye ❣

0 comments:

Posting Komentar

Comment Below :)