Jumat, 31 Agustus 2018

, , , , , , , , ,

Rasanya menjadi seorang relawan

Semoga cerita pengalaman ini bisa menginspirasi kalian, terutama kaum muda-mudi. Kebaikan seperti ini harus selalu kita sebarkan. Jangan pernah takut untuk menjadi orang baik. Semoga kehadiran kita didunia ini bukan hanya hidup untuk diri sendiri, keluarga, dan sahabat. Tapi kita bisa bermanfaat untuk orang lain.

- G i t a   M a h a r a n i-


selamat membaca.



Entah sejak kapan, gue punya pemikiran dan cita-cita sederhana: gue harus jadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. Mungkin, karena mama sering bilang "mungkin kita gak punya uang buat sedekah. Barang-barang bagus juga gak ada yang bisa disumbangin. Tapi kita punya tenaga buat bantu-bantu orang. Selama masih kuat, tolongin aja orang-orang pake tenaga kita."

Tapi kayaknya, pemikiran buat jadi orang yang baik gak sepintas itu. Udah dari lama, gue selalu terharu dan berpikir-pikir gimana cara orang-orang ini bisa jadi relawan? Kalo gue ngeliat berita bencana, terus ngeliat beberapa Tim SAR yang bantuin warga buat nyelametin diri, gue berpikir "Gimana mereka bisa gabung di Tim SAR? gue juga pengen kaya mereka."

Rasa sosial emphaty didalam diri gue bisa dibilang gede banget. Kemudian rasa simpaty gue buat ngebantu rasanya selalu ngedorong gue buat ngelakuin sesuatu buat mereka yang ngebutuhin gue. Tapi, gue gak tau caranya gimana. Gue gak tau harus ngadu dan nawarin diri gue buat bantu-bantu mereka itu kemana. Gue ternyata buta arah.

Sampe akhirnya rasa emphaty itu cuma bisa gue simpen selama bertahun-tahun. Dan ternyata, ditahun ini sepertinya Allah mulai ngebuka satu-satu apa yang gue harapkan. Gue pernah berdo'a gimana caranya Ya Allah biar Gita bisa jadi orang yang bermanfaat? dan Allah ngejawabnya sekarang.

Melalui Indorelawan.org, gue ikut salah satu acara kerelawanan dari Aqua. Pas banget waktunya pas lagi ada event besar-besaran se-Asia (Asian Games 2018). Gue sebagai relawan terpilih, diminta untuk melakukan bersih-bersih di sekitaran GBK. Sebenernya ada juga yang bersih-bersih di Jiexpo, tapi berhubung GBK itu lokasinya lebih deket dari rumah, jadi gue memilih untuk ikutan disana.

Sebelum hari H gue bersih-bersih, gue sempet mikir juga sih. Lumayan deg-degan buat dateng ke GBK sendirian karena gue ngajuin diri sendiri. Takut gaada temennya, takut merasa sendirian di GBK nanti. Pas gue dapet grup WA, gue mencoba nyapa mereka dan kenalan. Ternyata, banyak yang asalnya dari Ciledug. Otomatis gue bakal ada barengannya untuk ikut acara ini. Alhamdulillah, gue merasa Allah sangat mempermudah jalan gue untuk ngizinin gimanapun caranya biar gue tetep ikut acara ini.
Setelah hari H, gue janjian sama beberapa relawan lain dan berangkat dari Halte Puribeta 2. Yap gue kesana memilih untuk naik busway, karena gue takut sendirian naik motor dan pas banget hari Sabtu-Minggu busway gratis ke semua jurusan. Lumayan ngirit hahaha.

Sampai disana, gue ketemu sama admin dan panitia dari Aqua untuk di briefing dan dikasih baju relawan untuk menandakan kita ini team relawan dari Aqua. Yang pastinya kita dikasih plastik sampah Aqua sebagai tempat untuk mengumpulkan sampah-sampah plastik yang akan kita ambil.
Abis itu, kita dibagi tim menjadi beberapa orang dengan satu tim leader buat ngarahin kita dimana kita harus ngambil sampahnya. Gak lama kemudian, acara bersih-bersih dimulai. Gue dapet tugas buat ngambil sampah di aera trotoar jalan raya sampai ke arah Polda. Disitu gue lumayan nemuin banyak sampah plastik, dan ngeliat juga tong sampah yang udah overload gitu. Maklum, mungkin karena hari itu acara opening asian games kali ya, jadi semua bule, lokal dari mana-mana pada ngumpul di GBK. Kita ngumpulin sampah sampe maghrib. abis itu kita dikasih snack kue sama temen-temen panitia.


Plastik sampah Aqua yang berbahan dasar singkong.

Karena ini pengalaman pertama gue, jadi wajar gue akan banyak menilai gimana rassanya jadi seorang relawan. Ternyata jadi relawan itu menyenangkan. Walaupun gak dibayar, capek seharian, kerjanya cuma mungutin sampah, panas-panasan... tapi feel yang didapet bisa lebih dari itu. Kita bisa ketemu banyak banget temen baru yang punya segudang niat baik yang sama kaya gue. Mereka ini sangat positif orangnya. Dan entah kenapa, pas baru ketemu berasa kaya temen lama yang lagi reunian jadi pas ketemu langsung ketawa-ketawa bareng. Terus pas ikut jadi relawan ini, kita ga berasa sendirian. Kita bareng-bareng kesana. Apalagi kalo niat kita beneran mau bersihin GBK dari sampah, disitu feel sosial yang gue dapet bener-bener kena banget, sih. Disaat orang-orang dateng ke GBK cuma buat jalan-jalan, nonton pertandingan, jajan, foto-foto disemua spot GBK. Kita dengan baju biru justru keliling muterin GBK, nyari sampah botol. Bahkan bersihin area penonton pertandingan buat ngambilin sampah bekas cemilan mereka. How sweet it is?

Dari pengalaman ini, sepertinya gue pengen ikut lagi, lagi, dan lagi acara semacam gini. Bahkan nanti kalo gue udah kawin, punya laki dan punya anak, gue pengen bawa keluarga gue ke lingkungan yang positif kaya gini. Buat temen-temen pembaca gue yang masih muda, coba deh luangin waktu sehari-dua hari buat ikut acara semacam ini. Karena acara-acara kaya gini bener-bener bisa bikin kalian balik lagi jadi manusia yang punya hati bersih.


Mungkin sebagai penutup di blog ini, gue akan ucapin terima kasih banget buat tim Kontingen Kebaikan dari Indorelawan dan Aqua yang udah bikin event sekeren ini. Bener-bener bikin gue jadi punya banyak pengalaman yang bagus banget dan dapet energi yang positif. Gue berharap kedepannya Aqua makin sering ngadain acara kaya gini, mungkin kita bisa bersihin monas bareng-bareng? hahahaha


sebagai penutup (lagi), ini merupakan foto-foto yang bisa jadi kenangan waktu gue ikut acara kontingen kebaikan 💖💕


Gue pake tiket festival GBK yang dikasih sama panitia hahaha.













Tim Relawan tanggal 19 💃






















0 comments:

Posting Komentar

Comment Below :)